Tuesday, November 25, 2014

Pastoer Message Pdt. Dr. Ir. Niko Njotorahardjo Januari 2014

Shalom Saudara yang dikasihi Tuhan, saya mau mengucapkan, ”Selamat tahun baru 2014, Tuhan Yesus memberkati Saudara berlimpah...limpah...limpah...limpah..!” 

Saudara, kita memasuki hari yang ke-4 dari tahun 2014 dan kita sekarang masuk dalam menara doa yang pertama di tahun ini.  Kita baru saja meninggalkan tahun 2013, mari kita sejenak mengingat apa yang Tuhan telah kerjakan sepanjang tahun 2013, apapun keadaan kita, kita harus berkata, ”Tuhan Yesus Kau baik, Kau sungguh baik dan sangat baik kepada kami semua”.

Saudara, sejak tgl 4 September 2013 – 24 September 2014, kalender orang Yahudi memasuki tahun 5774 yang mereka sebut dengan Ayin Dalet (74). Ayin berbicara tentang MATA. Yang pertama tentu saja berbicara tentang MATA TUHAN.
Mazmur 32 : 8 berkata, Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.  Untuk kita bisa menangkap itu maka mata kita harus senantiasa tertuju kepada Dia.  Amin!

TUHAN  menuntun kita melalui Dalet.  Dalam huruf Ibrani Dalet itu berarti angka 4.
Ada beberapa arti dari Dalet, yaitu :
-          2 Arti yang utama adalah: PINTU dan ORANG MISKIN
-          2 Arti lainnya adalah : TELINGA dan SAKSI

Melalui tuntunan Tuhan ini saya terus berdoa untuk ketika akan memasuki tahun 2014, ”Tuhan, berikan tema untuk Tahun 2014”.
Saudara harus mengerti kalau Tuhan memberikan tema, itu berarti Tuhan akan mengerjakan seperti apa yang akan Dia berikan. Jadi tema bukan hanya sekedar slogan tetapi itu adalah apa yang akan Tuhan kerjakan ke depan ini.

Saya di menara doa terus bertanya, ”Tuhan, Engkau telah menuntun kami tentang Dalet ini, berikan kepada kami apa yang akan Kau kerjakan di tahun 2014”.
Saudara, luar biasa! ketika akan memasuki tahun 2014, Tuhan memberikan tema kepada kita, Tuhan katakan, ”Tahun 2014 adalah tahun dibuka-NYA pintu-pintu mujizat!”

”NYA”­-itu huruf besar, artinya Tuhan yang akan membukanya. Saya tidak tahu pintu-pintu apa yang sedang tertutup di hadapan Saudara, tetapi percayalah memasuki tahun 2014 Tuhan berjanji bahwa ini adalah tahun dimana dibuka-NYA pintu-pintu mujizat. Amin!

Untuk itu Tuhan memberikan ayat dari Wahyu 3 :7 – 8 sbb :
7"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. 8Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.

Apa rahasianya sehingga Tuhan Yesus membuka pintu untuk jemaat di Filadelfia?
Rahasianya adalah pada waktu Tuhan Yesus berkata, ”Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku”

Saudara, kalau kita berkata di hadapan Tuhan, ”Tuhan, kekuatan saya tidak seberapa karena itu saya hanya berharap dan hanya mengandalkan Tuhan”.  Itulah yang Tuhan mau dan ini adalah ciri daripada orang yang miskin di hadapan Tuhan.
Orang yang miskin di hadapan Tuhan akan berkata, ”Tuhan, saya tidak bisa apa-apa, kekuatan saya tidak seberapa, saya hanya berharap kepada Tuhan, saya hanya mengandalkan Tuhan, saya tidak bisa apa-apa”. Itulah yang dimaksudkan dengan, ”Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa”, sebab mereka hanya mengandalkan Tuhan saja.  Dan orang yang mengandalkan Tuhan dia pasti menuruti firman Tuhan karena dia tidak bisa apa-apa.

Orang yang berharap kepada Tuhan, dia akan selalu dengar-dengaran akan firman Tuhan, karena itu pasti orang yang seperti ini setiap pagi akan berdoa, ”Tuhan, pertajam pendengaranku agar aku memiliki telinga seperti seorang murid”.  Amin!
Kalau Saudara lakukan itu, memasuki tahun 2014 Tuhan akan buka pintu-pintu yang selama ini tertutup di hadapan Saudara dengan cara yang ajaib dan dengan mujizat-mujizat-Nya yang luar biasa.

Yesaya 40 : 30 – 31, 30Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, 31tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Saudara, menanti-nantikan Tuhan di sini artinya berharap kepada Tuhan dan hanya mengandalkan Tuhan.
Dikatakan di sini orang-orang muda yang biasanya gagah perkasa bisa lelah dan lesu, teruna-teruna yang gagah perkasa dan punya kekuatan bisa jatuh tersandung, tetapi orang-orang menanti-nantikan, orang yang berharap kepada Tuhan, orang yang mengandalkan hanya kepada Tuhan mendapatkan satu kekuatan baru. Mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. Amin!

Orang yang berharap kepada Tuhan akan selalu menuruti firman Tuhan dan tidak pernah menyangkal nama-Nya.  Barangsiapa bertelinga hendaklah mendengarkan apa yang dikatakan oleh Roh kepada jemaat-jemaat dan kalau kita taat maka barangsiapa menang Tuhan akan memberikan berka-tNya.  Tuhan akan membukakan pintu-pintu yang ada di hadapan Saudara yang tertutup selama ini.  Haleluya!

Dan Saudara, ini pesan Tuhan untuk ke depannya, yaitu Tuhan mau kita semua menjadi SAKSI YESUS. Ke depan ini Saudara harus kotbahkan tentang hal ini. Menjadi saksi Yesus artinya, kita hidup sama seperti Kristus telah hidup. 
1 Yoh 2 : 6 berkata, Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

Saudara yang dikasihi Tuhan, mari kita akan melihat kunci-kunci yang Tuhan berikan supaya pintu-pintu di depan kita terbuka :


MENGUCAP SYUKUR DALAM SEGALA HAL
Kalau Saudara ingat tentang kisah Paulus dan Silas ketika ada di Filipi.  2 orang ini dipakai oleh Tuhan waktu itu, mereka menyembuhkan orang yang mempunyai roh tenung. Tetapi setelah mereka menyembuhkan anak perempuan itu, tiba-tiba apa yang terjadi?  Majikan anak itu marah luar biasa, mereka menyeret Paulus dan Silas dan dibawa kepada pembesar kota dan mereka dituduh macam-Tmacam, yaitu sebagai pengacau kota. Mereka akhirnya dihukum cambuk serta didera. Tidak cukup dengan itu mereka dimasukkan ke dalam penjara dan ditaruh di bagian paling tengah. Mereka dipasung dan dibelengu.

Saya percaya mungkin Paulus dan Silas pada waktu itu bertanya kepada Tuhan, ”Tuhan, bukankah saya ini menyembuhkan orang yang dirasuk roh setan, roh tenung, tetapi kenapa ya Tuhan saya mengalami hal ini?”

Saya percaya itu akan terjadi seperti itu dan kalau kita mengalami hal yang sama maka kita juga akan bertanya-tanya seperti itu.  Tetapi kita lihat, sebagai ganti mereka mengomel atau mungkin komplain kepada Tuhan, mereka memuji Tuhan dan dikatakan semua orang yang ada di dalam penjara mendengarkan apa yang mereka nyanyikan.

Saudara, mereka melakukan seperti apa yang firman Tuhan katakan dan itu juga yang dilakukan oleh Tuhan Yesus, ”Mengucap syukurlah dalam segala hal sebab itulah yang dikehendaki oleh Allah dalam Kristus Yesus bagi kamu”.

Lalu apa yang terjadi sesudah itu?
Mujizat terjadi!  Gempa bumi terjadi, sendi-sendi penjara goyah, pintu-pintu penjara terbuka, pasungan terlepas dan mereka bebas! Dan yang lebih luar biasa lagi kepala penjaranya bertobat. Haleluya!

Kesaksian :
Saudara yang dikasihi Tuhan, saya mau bernostalgia sebentar mumpung baru memasuki tahun 2014 dan saya melihat ada sesuatu yang luar biasa.
Saya ingat ketika saya baru dipanggil oleh Tuhan saya mengalami hal yang tidak enak karena saya menolak ketika Tuhan pertama kali memanggil saya. Pada waktu itu seperti orang Jawa katakan, ”Ludes..des...desss!”  Des yang pertama semuanya habis dan dess yang kedua ditambah hutang.

Pada waktu itu Tuhan tidak berkata kepada saya, ”Hai Niko.., kamu sekolah pendeta”, tetapi pada waktu itu Tuhan berkata kepada saya, ”Kamu ikut Aku!”
Ketika itu saya ingat saya mengikuti Tuhan tetapi saya tidak punya kemampuan dan kepandaian apa-apa, waktu itu saya hanya punya gitar dan saya bisa bernyanyi. Dan saat itu membuat saya sangat...sangat...tertekan sekali.  Saya tidak tahu apa yang harus saya perbuat dan saya ingat pada waktu di puncaknya dan saya tidak tahan lagi, disitulah Tuhan berkata, ”Niko, dalam keadaan seperti ini hendaklah engkau memuji Aku. Engkau mengucap syukur kepada-Ku”. 

Ketika Tuhan berkata seperti itu saya tidak tahan dan saya menangis. Lalu saya ambil gitar dan kemudian keluarlah satu lagu, ”S’gala puji syukur hanya padaMu Tuhan...”. Awalnya lagu ini dinyanyikan perlahan, tetapi sekarang kita menyanyikan lagu ini dengan tempo cepat dan penuh suka cita.  Tetapi waktu itu lagu ini hanya diiringi dengan air mata, namun saya mau beritahu Saudara bahwa itu adalah titik balik daripada pelayanan saya.

Saya ingat kalau pada waktu itu saya sampai tidak melakukan ini maka saya tidak tahu apakah hari ini saya bisa berhadapan dengan Saudara. Mungkin tidak!
Saya tidak tahu keadaan Saudara hari ini, apakah ketika memasuki tahun 2014 ada yang merasa dirinya begitu tertekan menghadapi masalah-masalah yang luar biasa? Tetapi hari ini Tuhan berbicara kepada Saudara, ”Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki oleh Allah dalam Kristus Yesus bagi kamu”. 

Saudara, ke depan ini Saudara akan banyak melihat mujizat-mujizat yang kreatif.  Ada berapa banyak Saudara yang mau dipakai?  Tapi Saudara harus ingat bahwa Saudara harus bayar harga. Saudara lihat Paulus dan Silas, untuk membuat kepala penjara itu bertobat mereka harus mengalami hal yang seperti itu dan ini pun yang sudah saya rasakan akhir-akhir ini.  Yang paling jelas ketika saya dalam KKR-KKR, makin dahsyat mujizat yang akan terjadi, maka saya harus membayarnya semakin mahal. Baik itu serangan yang luar biasa kepada pikiran saya maupun fisik saya.

Pada waktu tanggal 25 Desember yang lalu menara doa pindah ke GBK. Amin! Luar biasa hadirat Tuhan ketika itu dan mujizat yang terjadi pun begitu luar biasa.
Ada seorang Ibu yang perutnya ada benjolan sebesar kepala dan tidak tahu apakah itu tumor atau bukan, tetapi malam itu langsung hilang!  Tuhan Yesus yang menyembuhkannya! 

Ada seorang anak perempuan yang tulang belakangnya bengkok 46ยบ, saya tidak tahu sebelumnya dan saya harus melihat foto rontgennya sebelum anak itu disembuhkan. Jadi, ibunya sampai membawa foto rontgen anaknya untuk membuktikan itu. Tetapi sungguh nyata malam itu anak perempuan tersebut kembali normal saja! Tulang belakangnya lurus kembali. Haleluya!

Ada seorang Ibu yang sudah mengalami keropos tulang, ia sudah tidak bisa berdiri lama, apalagi mengangkat barang. Malam itu tiba-tiba ia bisa menggendong anaknya.  Saya pikir buat apa menggendong anak?  Setelah diceritakan baru saya tahu keadaannya dan dia mendemonstrasikan kasih dan kuasa Tuhan yang terjadi dalam hidupnya.  Tiba-tiba anaknya yang satu lagi mendekat dan dia gendong keduanya serta berlari! Itu yang luar biasa! Tuhan Yesus memang luar biasa!.

Itu baru sebagian kecil saja yang diceritakan sebab saya mendengar banyak sekali keluhan di tulang belakang yang disembuhkan.  Dan tahukah Saudara apa yang terjadi?  Hampir 2 minggu saya itu sakitdi punggung luar biasa sehingga harus ke Chiropractic berkali-kali. Dan pada hari H-nya tulang belakang saya sakitnya luar biasa, sampai saya berkata, ”Tuhan, saya kuat berkotbah tidak ya Tuhan?”  Seperti itu menjadi pergumulan karena menderitanya luar biasa, tetapi begitu mulai penyalaan obor/lilin tiba-tiba itu hilang semua dan saya bisa berkotbah dengan enaknya. 

KKR kesembuhan tgl 25 Desember itu adalah yang ke-226 dan yang ke-225 itu justru di sebuah desa yang bernama Tunjung Rejo, dimana itu tempatnya dukun-dukun. Ketika itu pun saya mengalami hal yang mirip-mirip ini, tapi pada waktu itu saya mengalami serangan secara fisik dan pikiran dimana saya seperti dibuat bingung tidak karu-karuan. Jadi selama saya berkotbah untuk KKR, saya belum pernah mengalami serangan dan tekanan seperti itu (ke-225).

Tapi Saudara tahukah apa dampak yang terjadi? Ternyata saya mendengar hampir 1 bulan yang namanya kesembuhan dan pertobatan dari saudara sepupu kita itu berjalan terus yang mana itu belum pernah terjadi sebelumnya. Dan ternyata ada seorang dukun berumur 96 tahun yang mempunyai cucu yang sudah Kristen. Cucunya ini yang memang mendoakan terus.  Dukun itu datang ke KKR untuk minta mati bukan minta kesembuhan karena dia sangat menderita luar biasa karena ilmunya itu.
Pak Adiputra berkata kepada cucunya, ”Saya dapat bahwa nanti setelah KKR ini dia akan dipanggil oleh Tuhan”. Ternyata benar apa yang dia minta itu terjadi!  Jadi ini termasuk sesuatu yang luar biasa, karena dia datang bukan minta kesembuhan tetapi minta mati gara-gara sudah tidak kuat lagi.

Saudara, kemarin diantara COOL team 20 saya sudah berkata bahwa ke depan ini Saudara akan melihat mujizat yang kreatif begitu luar biasa.  Para hamba Tuhan dengarkan hal ini, ”Saudara akan dipakai oleh Tuhan!”, tapi bayar harganya seperti Paulus dan Silas! Dan disitu respon kita hanya mengucap syukur dan memuji-muji Tuhan.  Saudara jangan keluar dari ini, kalau Saudara keluar maka Saudara tidak akan melihat pintu-pintu itu terbuka di hadapan Saudara. Tetapi ini yang Tuhan, yaitu kita seperti Tuhan Yesus dan menjadi saksi Yesus serta mengucap syukur dalam segala hal dan dalam segala perkara karena itulah yang dikehendaki Allah dalam Kristus Yesus bagi kamu. Amin!

PENTAKOSTA KE-3
Saudara kita diingatkan terus oleh Tuhan dimana setiap kali saya ke menara doa, saya harus memperkatakan ini, ”Tuhan sesuai dengan janji-Mu kami sedang menanti-nantikan Pentakosta yang ke-3”. 

Pentakosta yang ke-1 adalah dari Yerusalem, yaitu  orang-orang Yahudi ke bangsa-bangsa
Pentakosta yang ke-2 adalah dari barat ke bangsa-bangsa
Pentakosta yang ke-3 adalah dari Asia ke bangsa-bangsa dan kembali ke Yerusalem, maka selesailah dan Tuhan Yesus datang!

Ada 5 hal yang Saudara harus perhatikan kalau mendengar tentang Pentakosta yang ke-3, yaitu :
  1. Roh Kudus akan dicurahkan secara luar biasa
  2. Bumi akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan Tuhan seperti air yang menutupi dasar laut. Ini yang akan terjadi dan yang sedang saya tunggu-tunggu, tetapi ini memang sudah mulai terjadi.
  3. Goncangan-goncangan
  4. Penuaian jiwa besar-besaran
  5. Yesus akan segera datang untuk kali yang kedua

Saudara yang dikasihi Tuhan, mari camkan baik-baik bahwa yang ke-4 adalah : akan terjadi penuaian jiwa besar-besaran.  Saya ini berdoa agar penuaian jiwa besar-besaran akan terjadi.
 
THE POWER OF UNITY
Kita semua tahu bahwa kunci penuaian ini adalah sesuai dengan doa Tuhan Yesus dalam  Yohanes 17,  yaitu unity.  Ini pesan Tuhan yang begitu kuat kembali muncul untuk memasuki tahun 2014 yaitu, UNITY.
Ketika Tuhan Yesus berdoa, ”Bapa, Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku kepada mereka, supaya mereka menjadi satu (unity), sama seperti Kita adalah satu. Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu (dunia akan lihat dan percaya), bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku menjadi Tuhan dan Juruselamat dunia...” Amin! (Yoh 17 : 22 – 23).

Saudara, kunci penuaian jiwa besar-besaran itu adalah unity. Unity di antara kita dan di antara gereja-gereja. Dan luar biasa ada beberapa ayat yang Tuhan bukakan dan akan saya bagikan kepada Saudara  dimana ada Power dari unity itu. Ayat-ayat tersebut adalah sbb :

1.       Ulangan 32 : 30, Bagaimana mungkin satu orang dapat mengejar seribu orang, dan dua orang dapat membuat lari sepuluh ribu orang, kalau tidak gunung batu mereka telah menjual mereka, dan TUHAN telah menyerahkan mereka!
Saudara lihat, 1 orang mengejar 1000 tapi kalau 2 orang unity mengejar 10.000!

2.       Matius 18 : 19 – 20, 19Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. 20Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."
Ini berbicara tentang The Power of Unity! 2 orang sepakat ini dimulai dari suami-isteri.  Saya kadang-kadang banyak melihat banyak suami-isteri berantem karena keduanya mau menang sendiri. Isteri mau menangnya sendiri, suami mau menangnya sendiri dan akhirnya tidak terjadi apa-apa! Cobalah salah satu mengalah duluan.  Memasuki tahun 2014, kalau suami-isteri unity maka minta apa pun akan dikabulkan Bapa di sorga.

Indahnya jika suami-isteri itu sering rundingan. Jangan ditutup-tutupi! Malah kadang sampai berkata, ”Kamu tahu apa?”. Hati-hati! Isteri sudah dijadikan penolong yang sepadan, jadi harus hati-hati.  Saya melihat kadang-kadang banyak keluarga yang doanya sebenarnya sudah lama tetapi tidak dijawab-jawab gara-gara tidak sepakat atau tidak unity.

3.       Imamat 26 : 8, Lima orang dari antaramu akan mengejar seratus, dan seratus orang dari antaramu akan mengejar selaksa dan semua musuhmu akan tewas di hadapanmu oleh pedang.
Semakin banyak orang yang unity maka kapasitas per orangnya akan diperbesar. Kalau 5 orang mengejar 100, berarti 1 orang mengejar 20 orang, tetapi kalau 100 orang mengejar bisa 10.000 (selaksa) berarti 1 orang mengejar 100 orang. Jadi ada 5x lipat.
           
Karena itu unity perlu makin hari makin diperbesar antara kita dan antara gereja-gereja. Kalau tahun 2013 katakan hanya 25%, ayo masuk tahun 2014 kalau mau melihat ada kuasa Tuhan yang akan dikerjakan dan pintu-pintu dibuka maka unity harus bertambah banyak. Amin!

Selama ini saya selalu katakan, ”Unity itu gampang!”, seperti Pak Bambang Wijaya waktu itu katakan dalam WPA di tempat ini. Unity itu gampang, hanya perlu kerendahan hati tetapi yang utama adalah kita saling mengasihi satu dengan yang lain. Ini kuncinya!, yaitu kalau kita saling mengasihi satu dengan yang lain maka itu pasti unity.

1 Yoh 3 : 14 – 15 berkata, 14Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tetap di dalam maut. 15Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.

Hati-hati! Saya ngeri kalau membaca ayat ini. Kalau kita membenci saudara kita, ada uneg-uneg yang belum diselesaikan itu adalah pembunuh manusia dan tidak ada seorang pembunuh yang memiliki hidup kekal dalam dirinya.  Jangan anngap enteng firman Tuhan dan jangan diperlunak, tetapi diterima sebagaimana apa adanya!

Orang yang membenci saudaranya dan terus ada uneg-uneg terus dalam hatinya, hati-hati! Kalau sampai dia dipanggil masih dalam keadaan seperti ini tempatnya dimana?  NERAKA! berhati-hatilah.

1 Yoh 4 : 20 – 21, 20Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya. 21Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya.

Kemarin saya bagikan diantara COOL team 20 dan saya lihat kasih itu turun. Mungkin ada uneg-uneg diantara kita selama ini, tetapi kemarin saya lihat firman Tuhan dengan jelas berkata, ”Kalau kita berkata, ”Aku mengasihi Tuhan..”, tetapi dia membenci saudaranya maka ia pembohong/pendusta!  Yang kelihatan saja tidak bisa dikasihi apalagi yang tidak kelihatan. Ini firman Tuhan yang bicara dan jangan diperlunak!

Ayo, Saudara yang masih punya uneg-uneg, yang tidak bisa mengasihi berarti Saudara menghambat penuaian jiwa!  Saya mau beritahu Saudara, kalau Saudara tidak bisa mengasihi artinya Saudara menghambat penuaian jiwa!
Tapi kita memasuki tahun 2014, dimana ini tahun dibuka-NYA pintu-pintu mujizat oleh Tuhan sendiri.  Jadi seharusnya Saudara menyelesaikan segala sesuatunya sebelum memasuki tahun 2014, terutama masalah hati dengan saudara-saudaramu supaya berkat Tuhan dicurahkan. Dan Saudara akan melihat pintu-pintu penuaian jiwa akan dibuka selebar-lebarnya oleh Tuhan dan kita bersukacita karena kita boleh ikut. Haleluya!

Kesaksian :
Saya mau bersaksi sebentar tentang lagu, ”Dia jamah segenap hidupku”. Lagu ini sangat berarti bagi saya.  Mungkin diantara Saudara yang belum pernah mendengar kesaksian ini.
Waktu saya bertobat menerima Tuhan Yesus secara pribadi dan bertemu dengan Tuhan Yesus secara pribadi pada umur 14 tahun. Saya sungguh-sungguh dengan Tuhan waktu itu tapi karena pergaulan saya tiba-tiba saya mulai melenceng dan cukup lama saya melenceng. Tapi Tuhan itu baik dan saya diberikan kesempatan kedua. Pada waktu Dia panggil saya dalam keadaan babak belur, lagu ini muncul dan saya dengar lagu ini. 

Saudara, ini bukan hanya berbicara tentang orang yang tadinya belum kenal Tuhan kemudian jadi mengenal Tuhan, tapi ini juga berbicara mungkin Saudara punya masalah hati sampai tahun 2013 dan engkau belum bisa memaafkan Saudaramu dan masih punya uneg-uneg, biarlah ini menjadi doamu, “Jamah saya Tuhan, buat saya jadi baru…buat hati saya jadi baru sehingga saya bisa mengampuni saudara saya. Mungkin dia menyakiti saya tapi saya mengampuni dan melupakan kesalahannya sebab Engkau menjamah saya dan saya jadi baru. Berikan saya hati yang baru memasuki tahun 2014”. Amin!

Saya mau bertanya kepada Saudara semua, apakah Saudara mau pintu pelayananmu dibuka oleh Tuhan? Mau dibuka lebih lebar lagi?  Berarti Saudara mau dipakai lebih lagi?”  Amin!

Pada tgl 2 Desember ada Natal di STT The Way dan pada waktu saya ke sana itu hujan lebat tidak karu-karuan.  Waktu itu saya membcaa koran Kompas yang belum saya buka waktu itu. Disitu ada jajak pendapat tentang kriteria menjadi seorang Capres. Ternyata menarik dan mari kita lihat sebentar jajak pendapat dari hasil survey sbb :

Jajak Pendapat Mengenai Kriteria Menjadi Seorang Capres :
-          Jujur / bisa dipercaya                                  : 51%
-          Perhatian kepada rakyat                              : 24%
-          Mampu memimpin (punya kharisma)            : 12%
-          Tegas                                                        :   7%
-          Berwibawa                                                 :   3%
-          Pintar                                                         :   1%
-          Dll                                                             :   2%

Kenapa “Pintar” hanya 1%? Sebab ada komentar, “Kalau dia pintar maka dia akan ‘minterin’ kita nantinya.”
Saudara, ternyata ini alkitabiah! Mari kita buka 1 Kor 4 :1 – 2, 1Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah. 2Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Kalau Saudara bisa dipercaya maka Saudara bisa jadi Presiden semuanya, Presiden dalam Kerajaan Allah. Amin! Ternyata orang yang perhatian terhadap rakyat adalah orang yang ‘care’, dimana gembala diberi hati seperti ini, tapi memang ada orang yang hatinya luar biasa care.  Saya dulu bertanya kepada Tuhan, “Tuhan, kenapa saya tidak diberi hati yang bisa care kepada orang lain?”  Kalau dihitung angka 1-10 maka care saya kepada orang adalah di bawah 5. Saya mengaku! Entah kenapa.  Mampu memimpin?  Saya juga tidak tahu mampu atau tidak.  Tapi tadi dikatakan mampu memimpin ada 12%. Ada kriteria tegas, berwibawa dan pintar, tapi saya ini bodoh, dan berkali-kali saya katakan saya ini orang bodoh.

Tapi banyak kadang-kadang pelayan-pelayan Tuhan yang dikejar adalah soal kepintaran, itu bagus sebab Saudara memang harus belajar karena Saudara harus tahu firman Tuhan. Tapi bukan hanya untuk itu tetapi supaya itu bisa dilakukan dalam hidup Saudara dan bukan hanya pengetahuan saja.
Namun jujur / bisa dipercaya punya integritas, artinya apa yang Saudara kotbahkan itu yang Saudara lakukan.  Jadi Saudara melakukan apa yang Saudara kotbahkan dan Saudara mengkotbahkan apa yang Saudara lakukan.  Amin!

Kadang ada yang ngomongnya pintar luar biasa, mungkin karena ada bakatnya, sehingga saya kadang-kadang sampai kesemsem dengan permainan kata-katanya yang luar biasa walaupun kadang-kadang luput juga atau ada yang tidak pas.  Hati-hati! 

Saudara harus mengkotbahkan apa yang Saudara lakukan. Apakah Saudara berani kalau Saudara melakukan sesuatu yang jelek lalu Saudara kotbahkan? Tentu tidak berani, sebab yang dikotbahkan pasti yang bagus-bagus. Kalau Saudara hidup tidak karu-karuan apa berani mengkotbahkan tentang hidup Saudara?  Saudara harus berani kalau mau dikatakan jujur.  Artinya, tidak mungkin demikian dan dia harus memperbaiki diri terus. 

Saudara, hati-hati! saya banyak melihat kenapa orang tidak bisa dipakai oleh Tuhan?  Karena tidak bisa dipercaya!
“Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah. Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.”  

Karena semua di sini adalah hamba-hamba Tuhan maka saya mau tekankan lebih lagi, Saudara, seperti saya pernah katakan di sini, dari hasil analisa sistema gereja pada umumnya, Billy Graham membuat satu kesimpulan, “Jika Roh Kudus meninggalkan gereja hanya mengakibatkan pengurangan aktifitas gereja 10%”. Yang 90% tetap jalan, berarti Roh Kudus itu  betul-betul hanya 10%, sedangkan 90% lainnya adalah tradisi, program yang dibuat oleh marusia dan hal-hal yang bersifat keduniawian. Malah di Amerika lebih dahsyat lagi, cuma 5%, jadi 95% tetap jalan.

Kalau gereja mula-mula, jika sampai Roh Kudus meninggalkan maka 95% aktifitasnya tidak jalan! Saya berkata kepada Tuhan, ”Biarlah gereja kita seperti itu, Tuhan”.
Jadi dikatakan bahwa di Amerika Serikat lebih mengandalkan program ketimbang hadirat Tuhan dalam pertumbuhan gereja.  Memang untuk pertumbuhan gereja kalau diukur dari jumlah jemaat yang hadir dengan program masih bisa. Jadi sekarang dengan entertainment dan macam-macam maka orang akan datang dan gereja penuh saja. Tetapi pertumbuhan Kerajaan Allah yang sempurna yang diukur dengan transformasi komunitas tidak ada 1 program pun yang pernah dicatat yang bisa berhasil, ini bisa hanya karena hadirat Tuhan!

Ada 5 hal yang membuat hadirat Tuhan turun, yaitu :
  1. Kerendahan hati
  2. Iman
  3. Kekudusan
  4. Unity
  5. Doa

Saya lihat ke-5 hal ini tidak gampang, karena itu saya lihat banyak hamba-hamba Tuhan cari jalan pintas karena ke-5nya ini susah.  Apalagi tentang doa, kalau sudah disuruh masuk menara doa maka ada yang protes, ”Jangan hanya doa tok, bertindak donk!”  Wah, hebat juga!  Maksudnya mungkin benar tapi bahasanya tidak benar.  Seharusnya ngomongnya bagaimana? ”Hasil daripada doa itu bertindak karena Tuhan pimpin di dalam doa untuk bertindak”.  Itu baru benar!

Ternyata saya lihat untuk menghadirkan hadirat Tuhan, yaitu kerendahan hati, iman, kekudusan, unity dan doa tidak gampang, karena itu orang cari jalan pintas dengan ditambah berbagai program yang menarik supaya orang datang. Tapi kalau saya, saya selalu katakan, ”Saya hanya orang bodoh, Tuhan...saya hanya mengandalkan Tuhan, hadirat Tuhan...hadirat Tuhan...hanya mengandalkan Tuhan”.

Biar dikatakan bodoh, kurang kreatif, dsb...sesukamu! Saya hanya akan banyak masuk dalam doa, memuji dan menyembah Tuhan dalam unity siang dan malam dan melakukan kehendak Tuhan pada zaman ini. Menjadi prajurit Tuhan yang gagah perkasa. Amin!

”Tahun 2014 Tahun dibuka-NYA pintu-pintu Mujizat!” Amin!

Mujizat yang terbesar dalam hidup ini kalau kita diselamatkan dan pasti masuk sorga. Amin!
Matius 7 : 13 – 14, 13Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; 14karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya."

Kita sedang berbicara tentang pintu dan hari ini pesan Tuhan, ”....karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya".

Mari saya ingin ajak Saudara untuk merenungkan ini sebentar dan supaya menjadi doa kita dalam memasuki tahun 2014. Dikatakan ’sedikit orang yang mendapatinya’ itu bukan hanya dibandingkan dengan seluruh penduduk di seluruh muka bumi ini, tapi juga dibandingkan diantara orang-orang yang menamakan dirinya Kristen. Amin!  Apakah Saudara bisa menangkap sampai di sini?  Karena itu hal ini harus menjadi doa kita sungguh-sungguh memasuki tahun 2014.

Kenapa saya katakan demikian? Karena dengan jelas alkitab katakan syarat untuk masuk sorga orang itu adalah percaya kepada Tuhan Yesus, beriman kepada Tuhan Yesus bukan karena perbuatan baiknya dan dia mengalami kelahiran baru.

Nah, masalah kelahiran baru ini, data menunjukkan bahwa orang Kristen di seluruh dunia ada sekitar 30% tetapi data menunjukkan dari 30% yang lahir baru hanya sekitar 25%. Saya berharap ini berubah yang mana ini juga menjadi doa saya.  Dan diantara orang-orang yang lahir baru pun apakah semua pasti masuk sorga?  Saudara jangan main-main! Orang yang selamat adalah orang yang bertahan sampai akhir, yang bertahan sampai kesudahannya, artinya dia yang mau diproses terus. Sebab begitu banyak ayat-ayat  firman Tuhan yang mengatakan seperti itu dan saya akan ajak saudara-saudara untuk merenungkannya sebab saya anggap saudara-saudara semua adalah pelayan Tuhan dan ini yang akan menjadi doa kita ke depan ini.

Yohanes 17 : 9, Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu.

Yohanes 17 : 12, Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

Saudara, ini tidak ada yang binasa kecuali yang telah ditentukan.  Ini bukan takdir tapi karena Tuhan tahu. Oleh sebab itu Saudara harus hati-hati!

Ibrani 10 : 26 – 27, 26Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu. 27Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka.

Dan juga tentang yang murtad. Saudara yang dikasihi oleh Tuhan, mari kita yang ada di sini, Saudara juga berdoa untuk jemaat-jemaat kita supaya jangan seorang pun yang binasa.  Saya percaya ini adalah kasih karunia, Tuhan akan kejar terus supaya kalau bisa jangan ada seorang pun yang binasa.  Amin!  Ini kasih Tuhan yang luar biasa, tetapi memang tergantung daripada orangnya.

Kemarin ada yang bertanya kepada Abraham, ”Kalau orang naik kereta api dari Jakarta ke Surabaya apakah pasti tiba di Surabaya?”. Jawabannya, ”Belum tentu”, kalau turun di Semarang ya tidak sampai. Itu juga sama.

Saudara, ingatkan ini benar-benar kepada jemaat-jemaat.  Saudara jangan ragu-ragu untuk mengkotbahkan tentang ini.  Kalau Saudara memperlunak arti dari keselamatan, maka nanti pada waktu ketemu Tuhan maka Saudara akan dituntut oleh Tuhan, ”Engkau ngomong apa selama ini?  Kamu tidak ngomong benar kepada jemaat-jemaat-KU! Tuh..banyak yang masuk neraka! Gara-gara kamu tidak memberikan dengan proporsi yang benar”.

Sekali lagi ini yang ada di hati saya dan saya kadang-kadang kalau lihat ini berkata, “Tuhan, orang yang lahir baru memang tidak banyak, Tuhan. Tetapi biarlah dalam penuaian jiwa besar-besaran ini orang-orang yang lahir baru akan muncul lebih banyak lagi”.  Jadi mau tidak mau kita ini meng-kristenkan orang Kristen atau yang di luar, saya tidak tahu. Kalau Tuhan bicara yang terdahulu menjadi yang terkemudian, hati-hati! Saya kuatir yang tadinya namanya Kristen akhirnya kandas, tapi justru masuk orang-orang yang baru dan mereka yang selamat.

Ini yang Tuhan taruh di dalam hati saya dan biarlah hati seperti ini juga Saudara  miliki.  Saudara harus bicara yang benar, jangan ditutup-tutupi, jangan diperlunak, tapi harus benar memperkatakan hal ini. Amin!

MEMBERIKAN PERSEMBAHAN SULUNG
Apakah Saudara mau pintu-pintu mujizat terbuka bagi Saudara? Amin! Yang terakhir mari kita buka Amsal 3 : 9 – 10, 9Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, 10maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.

Sebagian orang ada yang takut membaca ayat ini dan ada yang sudah tertawa-tawa. Mari yang berani kita baca bersama dengan saya. Saudara persiapkan untuk kita persembahkan pada bulan yang kedua nanti. Amin!



----------M A R A N A T H  A----------

No comments:

Post a Comment